Sunday, September 3, 2017

Kamu Perlu Tahu Apa itu Handy Talkie! (HT)

Kamu Perlu Tahu Apa itu Handy Talkie! (HT) | Indos Deluxe

Handy Talkie atau sering kita sebut dengan HT pasti sudah tidak asing lagi, apalagi di kalangan para pegiat dan penggerak event organizer. Handy Talkie atau HT adalah seperangkat alat komunikasi dua arah yang menggunakan frekuensi radio sebagai medium untuk berkomunikasi.



Secara sekilas, HT memiliki penampilan seperti telepon genggam jadul, dengan tampilan lebih besar dan ditambah antena yang cukup mencolok, seperti gambar dibawah ini.



Ada HT yang memiliki bentuk yang besar, ada juga yang kecil, dan tentu saja itu dikarenakan perkembangan teknologi sehingga bentuk fisik HT pun semakin ringkas mengingat HT sangat erat hubungannya dengan mobilitas

Secara anatomi, HT dilengkapi dengan berbagai fitur. Berikut adalah gambaran anatomi HT.
Mirip dengan telepon genggam bukan? Namun walaupun demikian, saat ini sudah ada beberapa produsen yang merilis model HT tanpa LCD dan keyboard, alasannya sederhana, agar dapat menghemat daya baterai dan sederhana untuk digunakan.

Seperti yang disinggung sebelumnya, HT menggunakan frekuensi radio sebagai medium untuk dapat berkomunikasi. Frekuensi radio yang digunakan HT sendiri ada dua jenis, yaitu UHF (Ultra High Frequency) dan VHF (Very High Frequency). Nah, seringkali banyak orang bertanya, frekuensi manakah yang paling baik untuk digunakan.



Secara sederhana, perbedaan diantara keduanya ada pada frekuensi yang dimana UHF memiliki jangkauan frekuensi yang lebih luas, sedangkan VHF tidak lebih dari dua hingga tiga kilometer dalam kondisi lapang. Namun bukan berarti VHF kurang baik untuk digunakan, disesuaikan saja dengan kebutuhan. Mengenai jangkauan frekuensi ini, secara detail akan dibahas pada postingan berikutnya.

Lalu Kenapa Harus Menggunakan Handy Talkie?
Sangat wajar jika ada yang bertanya demikian, terlebih di zaman dengan teknologi yang maju, kita dapat dengan mudah berkomunikasi satu sama lain dengan mudah dan dalam waktu yang sangat singkat dengan smartphone beserta aplikasi-aplikasi komunikasi pendukung lainnya. Dengan teknologi demikian, HT jelas kalah jauh dari segi fitur. Namun jika kalian adalah pegiat dan penggerak event, jelas HT lebih unggul, mengapa demikian?

Jawaban atas pertanyaan itu adalah karena frekuensi radio dua arah yang dimiliki HT. Dengan frekuensi radio, kamu dapat dengan langsung mengubungi lawan bicaramu tanpa harus menghabiskan baik pulsa maupun data kuota internet serta lawan bicaramu yang pastinya selalu siaga, dapat dengan cepat langsung merespon. Frekuensi radio sangat bebas, stabil dan gratis sehingga sangat efisien untuk digunakan dalam koordinasi pelaksanaan sebuah event yang hanya berada dalam suatu wilayah.

Salah satu event yang Indos Rent sponsori, IREDS 2016 yang berlokasi di Moscha Hotel, Surabaya

Sekian artikel Kamu Perlu Tahu Apa itu Handy Talkie! (HT) kami posting semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat. Jangan lupa like dan share di media sosial agar informasi ini tidak hanya kita yang simpan.

Salam hangat,
Indos Rent

Chat dengan kami

Add Friend

Add Friend